Mungkin ini lebih cocok diberi judul “Pidato Kelulusan”

Hari ini, mahasiswa pemilik stambuk 17 ini akhirnya bisa menyelesaikan mata kuliah 6 sks di tanggal 17 Juni 2016 . 4 tahun 11 bulan, 17 hari. Akhirnya terjawablah pertanyaan-pertanyaan “kapan lulus” dari sederetan rekan mulai dari keluarga, teman, dosen, tetangga, tukang fotocopy, penjaga kantin, pedagang pulsa, dan lainnya.
Sebenarnya ini di luar pemikiran saya di masa 5 tahun silam dimana saya berniat untuk lulus tidak lebih dari 4 tahun. Namun, seiring berjalannya waktu, saya seolah2 mengecewakan kedua orang tua saya yang menjanjikan waktu lulus tidak lebih dari 4 tahun.
Sempat was was juga, mahasiswa yang katanya punya banyak kesibukan seperti saya ini, agak takut apa bisa lulus kurang dari 5 tahun? Mengingat beberapa tantangan yang sempat saya hadapi dari beberapa tahapan penyelesaian studi mulai dari finansial,manajemen waktu, dan masih banyak lagi.
1. Masa penyusunan proposal (saya menjadi ketua event tadulako menginspirasi) disaat semua teman-teman saya sudah maju proposal, saya masih berurusan dengan proposal kegiatan. Namun, dari sinilah saya belajar langsung tentang kepemimpinan. Bukan lagi belajar dalam ruangan dengan mengkuti event2 Latihan kepemimpinan. Disinilah saya terlibat langsung dalam hal peningkatan soft skill khusunya bidang leadership.
2. Masa penelitian dan penyusunan Hasil penelitian (saya bersama rekan membuka sebuah studio Langit Pixel) disaat salah satu teman se-genk ku sudah wisuda, saya malah di tenda foto wisuda. Namun, inilah awal nya saya memulai sebuah bisnis. Awalnya saya bersama rekan sukanya hunting foto. Apalagi kalau lagi kosong di kampus. Selain bisa dibidang fotografer, beberapa diantara kami ada yang bisa edit video, desain grafis dan web. Makanya kami membuka jasa desain, web, video dan foto. Dari sini saya belajar bagaimana merintis sebuah usaha dari nol.
3. Masa bimbingan jurnal ilmiah (saya mengajar di sekolah, bimbel club belajar, privat dan handle website). Tahu sendiri kan… bimbingan bisa kapan aja. Tapi disaat padatnya aktivitas mengajar, dosbim punya waktu luang saat jam2 ku mengajar. Kendati aku harus bolak balik tempat les dan kampus. But, demi mengejar S.Pd. Jauhnya kayak apa juga gak masalah. Masalahnya yaa kalau udah jauh-jauh ke kampus lagi dosennya malah keluar kota -_-
4. Masa persiapan sidang skripsi. Hey Pals, u know bukannya gue focus ke skripsi doang eh malah nambah2 pekerjaan… Belum lama ini aku ikut program IBTI .. harus launching Oktober mendatang dan tentunya persiapan dimulai dari sekarang. Bukan hanya itu saja, aku bersama tim anakuntad.com merilis brand baru kaos anakuntad. Ini brand pertama anakuntad.com setelah sebelumnya kami merilis beberapa pin. Pengenya sih mensejahterahkan kehidupan warga hehe … Ini juga ajang belajar bagaimana tim mencapai target dan bisa sejahterah…Hal inilah yang menjadi tantangan baru jelang ujian skripsi. Urus administrasi ujian plus orderan yang makin meningkat. Kuy kuy ribetnya terasa waktu aku janjian untuk minta tanda tangan sama dosen dan salah satu customer (yang juga dosen di fakultas lain) minta dijemput pembayaran kaosnya. Diyakin yakini aja kalau semua bisa terlewati.
***
Namun, dari sekian banyak tantangan yang saya hadapi, saya membalut pikiran saya dengan hal-hal positif. Inilah proses, tak ada rasa sesal telah melewati jalan yang banyak menemukan paku tindisnya ini. Karena saya yakin hal ini akan membawa manfaat dimasa akan datang.
Ini semua berkat kalimat mudah-mudahan dan doa rekan-rekan terbaik saya…
Meskipun kadang terasa risih kalau terus-terus ditanya kapan dan kapan.. Tapi saya merasa bersyukur masih ada orang yang peduli dengan saya. Sampai saat kelulusan ini pun beragam apresiasi terus berdatangan mulai dari ucapan selamat via sms, telepon dan medsos. Berasa kayak artis papan atas coooyyy! 😀

Terima kasih kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan bagi saya untuk menyelesaikan studi di kampus yang kaya akan keindahan nya (kalau dilihat dari atas)
Terima kasih kepada pihak sponsor:
1. Pemerintah, atas program bantuan pendidikan bidikmisi.
2. Bapak dan Ibu saya yang tak pernah putus mendoakan saya.
3. Adik saya yang sudah mau berbagi fasilitas, (karena saat penyelesaian studi ini beberapa alat pendukung saya rusak) -_-
4. Super tim hebat saya yang telah membuat saya terus bersemangat untuk berpikir dan berbuat hal-hal yang luar biasa serta mendoakan segala kelancaran urusan saya.
5. Para Dosen yang telah berbagi ilmunya.
6. Para staff, semoga tetap selalu menjaga keramahan dan kedisiplinan dalam pelayanannya. Meskipun kadang sering ditemukan yang jarang senyum, but mungkin dia butuh air cuka :v
Inilah babak baru bagi kehidupan saya untuk menjadi the real S.PD (Sarjana yang Punya Dedikasi) terhadap bangsa dan Negara. Semoga langkah kita diridhoi oleh Allah SWT. Amin 🙂

(Ana Puji Lestari, S.Pd)

This slideshow requires JavaScript.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *