PENGALAMAN LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI BEASISWA AFIRMASI BIDIKMISI LPDP 2018

Hello Pals!!
Kali ini saya hadir untuk memenuhi janji pada rekan-rekan semua yang bertanya “apa sih Kak Tips nya supaya Lolos Beasiswa LPDP?”
Well Guys, Tulisan ini bukan sebuah tips atau pun jaminan ketika kamu terapkan bisa membuat mu lolos. Bukan jaminan ya.. Saya hanya ingin sharing pengalaman saja. Dan bagian pertama ini adalah tentang pengalaman saya Lolos Seleksi Administrasi.
Tahun 2018 ini saya patut bersyukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT. Karena untuk kedua kalinya saya dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi LPDP setelah tahun 2017 saya juga dinyatakan Lolos tapi harus berhenti di tahap Seleksi Online Assesment.
Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa yang menjadi incaran para scholarship hunter. Nah untuk informasi lengkap seputar beasiswa LPDP, kamu bisa baca disini.

Baca Panduan Pendaftaran
Kalau kamu benar-benar ingin meraih beasiswa, sebaiknya rajin membaca dan tidak berharap dari teman. Budayakan membaca sebelum bertanya. Saat pengumuman registrasi online dan seleksi administrasi pastinya diterbitkan booklet panduan pendaftarannya. Nah kamu bisa mendownload kalau perlu mencetak booklet panduan pendaftaran. Pengalaman saya ketika tahu booklet panduan sudah diterbitkan, saya langsung download dan cetak dalam model buku. Karena saya tipenya suka baca dan coret-coret :D. Nah kalau ada yang membingungkan, barulah saya bertanya pada teman-teman yang sudah berpengalaman..

Sertifikat Kemampuan Bahasa Asing
Untuk seleksi administrasi ini kelihatannya mudah ya, upload berkas saja via online. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama dalam hal persiapan berkasnya, membutuhkan waktu yang tidak singkat. Contohnya saja sertifikat kemampuan bahasa asing seperti TOEFL, IELTS, dll. Kalau pengalaman dari saya sendiri jangka waktu keluarnya sertifikat TOEFL ITP itu dua minggu setelah kita mengikuti tes. So, kalau mau tes ITP sebaiknya paling lambat sebulan sebelum seleksi administrasi.

Penulisan Essay
Dalam seleksi administrasi beasiswa LPDP, pendaftar diminta untuk menuliskan essay dengan tema Kontribusiku Bagi Indonesia. Alhamdulillah, untuk cara penulisan essay memang sudah saya persiapkan sejak zaman kuliah. Mulai dari ikut workshop kepenulisan, berburu tulisan teman-teman yang jago nulis essay dan praktek menulis essay dalam kompetisi Beasiswa Data Print. Sistematika penulisan essay juga sangat penting dalam menentukan kualitas essaymu. Sebab, jangan sampai essay yang kita tuliskan terkesan ngalor ngidul ya… Gak jelas seperti apa inti essay yang kita tulis. Nah, selain kemampuan menulis essay, pengalaman dalam hal kontribusi juga penting. Saat menuliskan essay saya membagi dalam tiga sub tema yakni kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan nantinya setelah selesai studi. Bagi yang berminat membaca essay saya bisa mengirimkan permintaan via email anapujilestari93@gmail.com.

Kesesuaian dan Keaslian Berkas
Penting!
Semua berkas yang kita upload harus berkas yang asli. Sebab, pihak LPDP benar-benar ketat dalam seleksi berkas. Dan paling penting adalah harus sesuai format yang telah ditetapkan oleh pihak LPDP misalkan format surat rekomendasi, surat izin atasan, dll. (Bisa buka panduannya untuk melihat format). Selain itu, untuk surat keterangan kesehatan harus diperoleh dari Rumah Sakit Pemerintah, bukan dari dokter praktek yaaa gaesss :D. Kamu juga perlu memperhatikan masa berlaku surat-surat tersebut.
Oke, Pals! Buat kalian yang ingin bertanya atau memberi masukkan silahkan beri komentar di bawah ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *