Tadulako Menginspirasi, Disini Ku Punya Cerita

#HostOnTadulakoMenginspirasi2013

Awalnya saya tahu event tadulako menginspirasi ini dari salah satu kakak tingkat di Prodi Matematika. Dia posting di Grup FB kalau UNTAD bakalan menggelar event tadulako menginspirasi.  Nah kali itu juga, kakak seniorku memaparkan para pembicaranya. Dan mereka adalah mahasiswa – mahasiswa yang berprestasi di kampusku. Waktu itu, saya ingin juga menyaksikan kegiatannya. Hmm, akhirnya saya Cuma menantikan info selanjutnya, kapan event itu akan dilaksanakan.

Sudah lebih dari seminggu setelah saya tahu event tadulako menginspirasi itu melaui grup social media , aku tak mendapatkan tanda2 kapan digelarnya event tersebut. Aku berpikir, mungkin event tersebut telah digelar. Hanya saya saja yang KuDet 😀

**

Awal bulan November aku direkrut untuk menjadi bagian dari volunteer event “tadulako menginspirasi”. Ada sedikit kisahnya sih guys… 😀 begini ceritanya >>>>
Malam hari tepat ditanggal 30 Oktober 2013 aku mengirimkan sebuah tulisan mengenai kegiatan Math Challenge yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 November 2013. Terinspirasi dari berbagai tulisan yang ada di website anakuntad.com, disitu ada banyak info kegiatan dari berbagai himpunan yang ada di Untad. Aku sih pengennya event yang dilakasanakan oleh Himaptika juga terpublikasikan di dunia maya. Makanya aku ngebet banget pengen publish event himpunanku di web anakuntad.com. Salut deh sama penggagas website anakuntad.com, karena ini bisa menjadi salah satu cara supaya muncul budaya menulis dikalangan mahasiswa. Ok Guys, lanjut lagi nih setelah saya posting event himpunanku, malamnya ada konfirmasi dari admin anakuntad.com bahwa kiriman tulisanku sudah di posting.

Besok paginya, saya buka FB dan ada 1 permintaan pertemanan. Yaakk nama akunya Aryo Ziad. Sebuah nama yang tidak asing, sebab saya pernah lihat namanya yang ditandai pada sebuah postingan teman saya juga. Beberapa saat setelah saya konfirmasi pertemananku dengan dia tiba – tiba muncul 1 pesan obrolan :

“Assalamualaikum..

“Waalaikumussalam wr.wb”, jawabku.

“Ini ana puji bukan?” tanya Aryo Ziad.

“Iya”, Jawabku.

Gini loh an, kamu direkomendasikan oleh Andi Rizky untuk menjadi salah satu volunteer kegiatan tadulako menginspirasi, balas Aryo Ziad dalam obrolan FB.

Setelah membaca balasan tersebut senang sekali rasanya ternyata kegiatan itu belum dimulai, dan yang bikin saya senang juga adalah saya dipercayakan untuk gabung menjadi volunteer kegiatan.

Tanpa pikir panjang ku balas pesan ke Aryo Ziad bahwa aku bersedia untuk gabung menjadi volunteer kegiatan tadulako menginspirasi ini.

Sempat ku tanyakan pada kak Aryo (panggil “kak” karena feelingku dia lebih tua dari aku :D) aku diposisikan dibidang apa dalam kepanitiaan ini? Yahh kak Aryo malah nanya balik. Ya udah karena saya tahu bahwa saya juga direkomendasikan oleh akk Rizky makanya aku nanya dulu ke Kak Rizky, dimana posisiku? Setelah ku tanyakan apada kak Rizky, katanya aku diminta dibidang acara. Senang sekali rasanya, bisa menjadi bagian dari mereka teman – teman dari dari berbagai jurusan, prodi dan fakultas. Posisiku dalam kepanitiaan event ini masih bergelut dalam bidang acara. Yah, lagi – lagi akau direkrut sebab aku di percayakan untuk menjadi host dalam acara ini.

5 November 2013 adalah hari dimana aku diundang oleh Kak Aryo untuk mengikuti pertemuan volunteer TM di Islamic center jam 10 Pagi. Tepat jam 10 pagi aku tiba di Islamic center. Yang nampak dari jauh adalah adanya anak SMA. Setelah aku mendekat ke gedung Islamic center, ternyata disana ada kegiatan lomba cepat tepat kimia yang dilaksanakan oleh HIMAKIM FKIP Untad. Sembari menanti yang lain, aku sempatkan diri untuk menyaksikan kegiatan LCTK. Berharap ada teman yang ku kenal juga yang menjadi volunteer ternyata sampai jam setegah 11 setelah aku cek dari berbagai arah gedung Islamic Center ternyata tak ada siapa – siapa yang ku kenal hanya seorang mahasiswa yang turun dari motor yang ku pikir dia adalah volunteer Tm ternyata bukan. Sebab, tak lama kemudian mahasiswa itu akhirnya pergi lagi. Ku cukupkan 45 menit untuk menunggu karena mungkin saja teman – teman yang lain bakalan datang lambat. Sampai 10:45 akhirnya ku putuskan untuk ke Prodi dan bertemu sama teman – teman panitia math Challenge, mungkin saja mereka butuh bantuan. Sampai di Prodi, aku jadi merasa bersalah juga. Sebab, yang namanya Kak Aryo itu sama sekali belum ku tahu yang mana orangnya. Kali aja tadi pas di Islamic Center ada kak Aryo. Yah, untuk memudahkan komunikasi aku minta CP kak Aryo tak lupa pula mengucapkan kata maaf karena aku nya yang tidak hadir dalam rapat pertama.

Untuk pertemuan kedua dalam rapat TM akhirnya aku bisa datang. Lambat laun akhirnya saya tahu yang mana kak Aryo itu. Hahaha 😀 ternyata eh ternyata kak Aryo itu adalah yang punya nama asli Satrio Amrullah. Nama nya sudah tidak asing lagi bagi saya, sebab saya tahu ketika saya dan teman – teman sempat menyaksikan film dokumenter buatannya “Aku Manusia”.

Event yang harusnya dilaksanakan pada pekan terakhir di Bulan November 2013, akhirnya harus diundur pelaksanaannya hingga awal Desember 2013 sebab ada sesuatu dan lain hal. Yah udah deh readers nda perlu tahu, hehehehe 🙂

Akhirnya sampai pada hari pelaksaan event perdana dan paling spektakuler dikampus tercinta ku, “tadulako menginspirasi”. Kali ini, aku jadi host gak sendirian. Aku ditemani salah satu penyiar radio di Kota Palu namanya Ilham, karena usianya lebih tua dari saya jadi panggilnya Kak Ilham.. Sebelumnya Kita sama sekali belum kenal. Baru kenal 3 hari kita udah langsung duet bawaain acara “tadulako menginspirasi”. Uyeee,, honestly ini first time gue memandu acaranya duet. Alhamdulillah, meskipun duet sama orang baru dengan masing – masing  style bicara yang agak beda. Akhirnya kita bisa pandu acaranya dengan lancar 😀

TM1

***

#KETIKAPENCAPAIANMELAMPAUITARGETKU

Awal bulan Oktober 2014, aku bersama teman teman Komunitas anakUntad menggelar event Campus Hiring. Komuntas kami di beri kepercayaan oleh salah satu perusahaan multi nasional untuk mengadakan seleksi pelamar pekerjaan. Ini sebuah pertanda awal bahwa Komunitas kami mulai berkembang dan kelak akan menjadi Komunitas yang luar biasa di kampus kami.

Selepas kegiatan Campus Hiring, aku berdiskusi dengan salah seorang temanku, namanya kak Ari. Kami membicarakan banyak hal salah satunya adalah tentang persiapan Tadulako menginspirasi 2014. Ditengah perbincangan kami berdua, tiba – tiba saja kak Ari berkata “Ana, kamu saja jadi ketua Tadulako Menginspirasi 2014”. Aku pun kaget sambil berkata “ ah, ga mau. saya belum pantas menjadi ketua”. Pada saat itu, aku berpikir bahwa kak Ari hanya bercanda.

Open recruitment volunteer event Tadulako Menginspiasi akhirnya dibuka di minggu kedua bulan Oktober. Lumayan banyak jumlah pendaftar saat itu.

Akhirnya di minggu ke-tiga kami melakukan temu perdana dengan volunteer baru. Saat itu kami melakukan pemilihan ketua, sekretaris dan bendahara. Ada tiga orang yang menjadi kandidat pemilihan ketua panitia “Tadulako Menginspirasi” yakni Aldi, Tofan dan Aku. Setelah melakukan voting, terpilihlah Aldi sebagai ketuanya. Namun, sangat disayangkan karena sesuatu hal, Aldi memilih untuk mengundurkan diri. Pada akhirnya harus dicari pengganti Aldi.

Setelah family gathering, aku di sidang oleh empat orang temanku Kak Satrio, Aldi, Kak Arfah, dan Tofan. Mereka meminta aku menggantikan Aldi. Tapi aku merasa belum pantas menjadi Ketua Tadulako Mengisnpirasi. Kak Satrio begitu kuat meyakinkanku, namun hingga jam 9 malam aku pun belum bisa memutuskan apa – apa.

Pada akhirnya aku mencoba konsultasi dengan teman dekatku.

“Pemimpin adalah seseorang yang di mana orang – orang menaruh harapan banyak dengan orang tersebut”, kata kak Atar.

Kesediaanku menjadi ketua Tadulako Menginspirasi tidak terlepas dari dorongan dan motivasi dari teman – teman ku.

Sempat aku bertanya dengan kak Atar “Kak, apakah pantas saya menjadi pemimpin? Terlepas jadi pemimpin bagi diri sendiri “

Kak Atar pun menjawab “ Setiap orang pantas untuk jadi pemimpin, termasuk Ana”. Kalau kakak lihat, Ana mampu menjadi orang yang berada di tengah, di belakang dan sudah saatnya Ana berada di depan”

“Kenapa Ana bertanya seperti itu ?”, tanya Kak Atar.

Begini kak, saya lagi galau karena dipercayakan menjadi ketua tadulako menginspirasi”

“Sudahlah terima saja”, pungkas kak Atar.

“Tapi kak, sepertinya saya tidak cocok karena saya punya banyak kekurangan”, jawabku.

Nanda yang pada saat itu juga bersama ku pun berkata “mungkin disini waktunya kamu memperbaiki kekuranganmu An”.

Keesokan harinya aku konsultasi lagi dengan teman dekatku, Miftha.

Aku merasa bahwa tidak pantas menjadi pemimpin Tadulako Menginspirasi. Prestasi ku kurang.dan aku pun kurang di kenal.

“Tidak semua orang yang berprestasi itu mampu menjadi pemimpin, disini kamu buktikan An, bahwa kamu mampu berprestasi memimpin orang banyak”, kata Miftha dengan penuh keyakinan bahwa temannya ini mampu menjadi pemimpin.

Pada akhirnya aku bersedia menjadi Ketua Panitia Tadulako Menginspirasi. Mungkin ini sebagai langkah awal bagiku keluar dari zona nyaman. Bekerja dengan orang – orang baru dalam kehidupanku dengan karakteristik yang berbeda – beda. Selama memimpin kegiatan ini aku tidak bersama sembilan teman dekatku Nanda, Destria, Miftha, Inti, Melin, Wahyu, Suwandi, Magfirah, dan Dedi.

Dulunya aku berkeinginan untuk menjadi host talk show dalam event ini, namun pada akhirnya Tuhan memberikan jalan yang lain. Ada banyak pelajaran berharga yang ku dapatkan selama memimpin kegiatan ini.

IMG_1501

Kesuksesan ku memimpin kegiatan ini juga tak lepas dari dukungan salah satu teman ku Kak Satrio. Dia sudah membimbingku menjadi seorang pemimpin. Karena kak Satrio pula aku punya kesempatan untuk memimpin banyak orang, btw thanks kak :D.

IMG_1707_副本

 

____Sampai Jumpa pada Cerita TM 2015

 

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *