Tradisi Lebaran di Era Digital

Lebaran merupakan moment yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di dunia. Semua orang menyambut kedatangan moment lebaran dengan peuh suka cita. Beberapa aktivitas seru yang biasa di lakukan dalam menyambut atau merayakan lebaran antara lain, pawai obor saat malam takbiran, pesta kembang api, saling bermaafan, dan bersilaturahmi ke rumah keluarga atau pun teman. Bila menengok masa pada beberapa tahun silam, salah satu kebiasaan lain adalah mengirim kartu ucapan lebaran.
Nah, di era modern ini tentunya ada pula beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh remaja saat lebaran, yakni:
1. Update Status Ucapan Lebaran
Kehadiran social media seperti facebook, twitter, instagram,path, dll, membuat para remaja gemar memasang status ucapan selamat lebaran. Beragam jenis status bermunculan mulai dari yang biasa saja sampai yang puitis.
gambar-ucapan-idul-fitri-2014

2. Selfie
Lebaran juga menjadi moment yang sangat tepat untuk berkumpul bersama keluarga . Apalagi kalau ketemunya bersama keluarga jauh, tentu lebaran menjadi moment yang pas untuk melepas kerinduan. Melepas kerinduan bersama keluarga sering diabadikan dengan berfoto bersama, atau istilah kerennya “selfie“.
1337418lineselfielebaran780x390
3. Kirim SMS ke Semua Kontak di Handphone
Saat lebaran tiba, beragam SMS mulai bermunculan di handphone. Baik itu dari teman atau saudara kita. Beberapa orang akan selalu mengirimkan sms ucapan lebaran ke semua kontak yang ada di handphone-nya.
sms
4. Posting Foto Makanan
Aneka ragam makanan mulai menghiasi meja makan. Menu ketupat lebaran, opor ayam, burasa (khas palu) sudah menjadi menu andalan saat lebaran. Masih banyak makanan khas lainnya yang membuat para remaja antusias untuk mengabadikannya kemudian meg-upload ke berbagai social media.
91df8dc29a49fc8e784b613a82f10b86

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *