KALEIDOSKOP 2018

Dua belas bulan berlalu begitu cepat. Tanpa terasa, sekarang kita telah berada di penghujung tahun 2018. Tawa jadi air mata, sedih, bingung, bahagia, berjuang. Lengkap semuanya, boleh ku sebut 2018 adalah Tahun Ajaib.. Ada yang datang dan ada pula yang pergi. Daripada harus menghitung sesuatu yang telah hilang, lebih baik kita mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita hingga detik ini. Termasuk nafas pertama yang kita hirup setelah kita terbangun dari tidur adalah sesuatu yang patut disyukuri.

Perjalanan panjang selama 365 hari, rupanya menggoreskan banyak kisah. Kali ini aku ingin menuliskan kilas balik perjuanganku, sebagai bahan refleksi di tahun berikutnya. Insya Allah ā€¦.. šŸ™‚

Februari 2018
Dua tahun mengabdi di MTs N 3 Palu sebagai Guru Olimpiade Matematika, membuat saya belajar banyak hal. Mulai dari kesabaran dalam mendidik karakter siswa, ketekunan dalam merancang metode belajar yang menyenangkan, bahkan membangkitkan semangat mereka dalam berkompetisi. Bulan Februari 2018, Alhamdulillah siswa-siswi perwakilan MTs N 3 Palu kembali mengikuti Mathematics Event yang diselenggarakan oleh Mahasiswa FMIPA Universitas Hasanuddin Makassar. Empat siswa dari MTs N 3 Palu berhasil lolos ke tahap semifinal.

Delegasi MTsN 3 Palu, Math Event XVII UNHAS Makassar

Mei 2018
Bulan Mei 2018 saya mencoba apply Beasiswa LPDP Dalam Negeri. Di tengah kesibukan membimbing siswa-siswi peserta KSM saya juga mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran,. Dan akhir Bulan Mei saya submit dokumen.

Juni 2018
Sambil mengisi waktu luang, saya mengikuti Bimbingan TOEFL di salah satu lembaga kursus Kota Palu. Di tempat ini saya bertemu orang-orang baru dengan beragam profesi. Ada dokter, dosen, dan fresh graduate. Luar biasa perjuangan mereka membuat saya juga ikut bersemangat dalam meraih beasiswa.

Bukber ELC SQUAD

Juli 2018
Alhamdulillah adik saya Yuni Masyita Dewi telah menyelesaikan studi S-1 Pendidikan Biologi pada tahun ini. Tepat tanggal 7 Juli 2018 ia diwisuda. Sebuah kebanggaan bagi kedua orangtua kami karena anak-anaknya telah meraih gelar sarjananya.

Wisuda UNTAD ke-92

Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, selanjutnya saya mengikuti Seleksi Berbasis Komputer di Kanreg IV BKN Makassar. Dalam perjalanan kali ini saya berangkat lewat jalur udara, dan pulang nya lewat jalur darat bersama Melcian, Sri, Andi dan Enggar. Yah, ini adalah pengalaman pertama ku merasakan perjalanan lintas provinsi dengan menaiki Bus.

Seleksi SBK LPDP DN 2018

Agustus 2018
Perjalanan yang sama dengan tahapan yang berbeda saya lalui pada bulan Agustus yakni seleksi Substansi LPDP. Seleksi ini dilaksanakan di Gedung Keuangan Negara, Makassar. Ini merupakan tahapan terakhir dari seleksi beasiswa LPDP.

Seleksi Substansi LPDP 2018

September 2018
20 September 2018, masih belum percaya bahwa hari itu Allah memberi amanah kepada ku untuk melanjutkan studi S2 dengan memperoleh beasiswa LPDP. Dan akhirnya saya harus merelakan plan B ditunda yakni mendaftar CPNS tahun ini.

Delapan hari kabar baik berlalu, diluar dugaan ku dan seluruh masyarakat Palu Sigi dan Donggala, pada 28 September 2018 Allah mengguncang bumi ini melalui gempa dahsyat berkekuatan 7.4 SR. ini merupakan gempa terdahsyat yang kedua saya rasakan, setelah sebelumnya di tahun 2006, saya merasakan gempa yang berkekuatan 6.3 SR, berpusat tidak jauh dari tempat tinggal ku.

Dampak Likuifaksi di MTsN 3 Palu

Kuasa Allah, Alhamdulillah saya dan keluarga selamat dari bencana alam ini. 28 September, Palu menangis šŸ™
Dan sekarang, kami mencoba bangkit dan terus berjuang hidup di atas patahan.

Oktober 2018
Sebulan pasca bencana, saya berangkat ke Depok untuk mengikuti Persiapan Keberangkatan (PK)-130. Melalui kegiatan ini saya bertemu teman-teman dari berbagai daerah, mulai Aceh hingga Papua. Mereka orang-orang luar biasa, yang mampu mengosongkan gelas dan saling berkolaborasi untuk mensukseskan kegiatan PK-130 ini.

Persiapan Keberangkatan Angkatan 130 LPDP RI

November 2018
Bulan November saya menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan positif salah satunya adalah melakukan pendampingan psikososial bagi anak-anak penyintas di MTs N 3 Palu. Selain itu, saya juga sempat menggelar Trauma Healing di SD N 10 Banawa Selatan bersama rekan-rekan 1000 Guru Sulteng.

Trauma Healing di SDN 10 Banawa Selatan, Donggala

Desember 2018

Kegiatan penutup di akhir tahun ini yang juga tidak kalah istimewa adalah Tadulako Menginspirasi (TM). 22 Desember 2018 merupakan tahun ke enam TM dilaksanakan di Universitas Tadulako.

Tadulako Menginspirasi 2018

Semoga tahun berikutnya lebih giat belajar dan semangat dalam berkontribusi.

#Indonesia #AkuPastiMengabdi

You may also like