Pengalaman Lolos Seleksi Berbasis Komputer LPDP 2018

Hello Pals!
Long time No Post šŸ˜€
Akhir-akhir ini nomor WA ku lagi ramai pertanyaan tentang persiapan pendaftaran LPDP, mulai dari seleksi administrasi, SBK dan Substansi. Sebelumnya saya sudah share tentang pengalaman ku saat mengikuti seleksi administrasi dan wawancara, kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenani Seleksi Berbasis Komputer.
Seleksi Berbasis Komputer terdiri dari tiga bagian yakni: TPA, Soft Competency, Essay On The Spot Writing.
Nah kali ini saya hanya akan berbagi pengalaman mengenai tes TPA dan Soft Competency.

Tes TPA kuranglebih sama seperti tes TPA pada saat kalian masuk PT jenjang S1. Ada soal Kemampuan verbal, numerik, penalaran dan kemampuan spasial. Beberapa orang punya ketakutan tersendiri dari masing-masing tes kemampuan tersebut. Ada anak non eksakta, takut dengan soal numerik. Sebaliknya, ada anak eksakta merasa lemah di bidang verbal.

Well, sebenarnya tidak ada yang sulit. Hanya saja, untuk menghadapi tes TPA kamu butuh persiapan yang matang.

>>Persiapan
Berbicara tentang persiapan, kamu mungkin butuh waktu yang cukup untuk belajar. Paling minimal sebulan sebelum tes.
Berdasarkan pengalamanku kemarin persiapannya sekitar 1,5 bulan. Dua pekan pemahaman soal dan trik menjawab dengan cepat, kemudian sebulan latihan soal untuk mengukur kecepatan dan ketelitian. Sehingga H-1 tes saya sudah tidak pegang buku lagi. Sebab, otak butuh istirahat agar bisa bekerja esok harinya untuk menghadapi tes.

>>Kisi-kisi Soal
Tes TPA sebenarnya benar-benar mengukur kemampuan dasar yang ilmunya sudah kita peroleh di bangku SD hingga SMA. hanya saja, kelemahan kita adalah meremehkan matapelajaran tertentu karena menganggap bukan jurusan kita.
Apalagi matematika menjadi salah satu matapelajaran yang ditakuti dan tidak disukai oleh beberapa orang. Akhirnya beberapa orang kewalahan saat harus menghadapi tes TPA bidang numerik. Ini bukti bahwa sebenarnya kita tak bisa menghindar dari matematika.
Berdasarkan pengalamanku, untuk bidang numerik soalnya sangat sederhana bukan berupa soal limit, trigonometri atau integral dan turunannya. Saya mendapat soal pemecahan masalah seperti deret, perbandingan berbalik nilai, himpunan, persamaan linear satu variabel, laba,diskon, dan geometri bidang. Teman-teman boleh latihan soal di buku-buku TPA atau download secara online ebook TPA. Perbanyak latihan untuk bidang numerik dan banyak membaca untuk memperkaya kosakata sebagai senjata mengerjakan soal bidang verbal. Karena sudah tidak duduk di bangku sekolah, kamu bisa memanfaatkan youtube sebagai sumber belajar. Banyak koq tutorialnya šŸ™‚

Tahun lalu model soal TPAnya adalah:
1. 30 Butir soal Verbal (Sinonim, antonim, analogi, serta soal cerita),
2. 15 Butir soal Numerik
3. 15 Butir soal penalaran (Analitis dan Logis)

>>Soft Competency
Khusus tes ini kamu boleh latihan soal-soal tes kepribadian untuk CPNS. Kurang lebih seperti itu model soalnya. Setiap pilihan jawaban memiliki poin 1 sampai 5. Sehingga skor akhir bergantung dari pilihan jawabanmu …

>>Simulasi
FYI! Tahun lalu menggunakan sistem CAT. Agar tidak kaku, teman-teman boleh latihan menggunakan aplikasi simulasi CAT.

>>Berdoa
Meski usaha telah menggunung, jangan lupa untuk berdoa. Berdoa adalah hal utama. Memohon kepada sang Ilahi agar diberi kesehatan saat mengikuti seleksi. Jangan lupa pula meminta restu pada orangtua dan orang-orang terdekat. Kita tidak pernah tahu do’a siapa yang akan dikabulkan.

Well, buat kamu yang lagi persiapan untuk menghadapi SBK boleh diskusi dengan saya via email@anapujilestari.com
atau DM Instagram @anapujilestari šŸ™‚

Semangat!

You may also like